Sabtu, 12 November 2011

Fotografi Bawah Air, Tak Sebatas Penyelaman



MENYENANGKAN sekaligus menantang, pengalaman luar biasa yang bisa dirasakan dari kegiatan fotografi bawah air (underwater photography). Begitu banyak objek di bawah air yang dapat kita jadikan sorot foto, dari keindahan terumbu karang, birunya air, ikan-ikan, makhluk-makhluk kecil (macro), atau manusia itu sendiri.
"Inti keberhasilan 'underwater photography' adalah air dan model, jangan sampai ketika akan motret justru modelnya takut dengan air. Begitu pula dengan airnya, air yang jernih dan keruh berpengaruh pada kualitas foto," kata Kenvin Pinardy, Profesional Photography dan Digital Imaging, ditemui saat Business 'Gathering Digital Printer for Professional Multi Apllication How to Shoot and Retouch', di Hotel Grand Candi, pekan lalu.
Tidak sekedar menguasai teknik fotografi, tapi bagaimana mengalahkan rasa takut bahkan menaklukan model di bawah air merupakan hal mendasar yang harus dikuasai seorang fotografer 'underwater'. Lebih lanjut, fotografer yang akan bereksperimen di bawah air tentu harus menguasai teknik menyelam (diving).
Sebaliknya dengan model, sebaiknya dipilih mereka yang memang sudah tidak asing dengan kegiatan penyelaman. Karena model yang tidak terbiasa dengan kegiatan di bawah air, ekspresi yang didapatkan tidak sebagus dengan mereka yang sudah terbiasa. Bayangkan saja, kalau modelnya panik karena takut dengan kedalaman air atau stres akibat kandungan kaporit air yang tinggi sehingga menyebabkan mata memerah.
Kenvin mengungkapkan, biasanya kolam diving di Sentul maupun Bogor biasa menjadi langganan untuk pemotretan bawah air. Air kolam renang tersebut murni dari pegunungan, sehingga tidak menyebabkan iritasi pada mata, begitu pula kualiatas foto tajam karena kondisi air yang jernih. Fotografi bawah air itu susah-susah gampang.
Bicara fotografi bawah air, tidak sedikit uang yang dikeluarkan. Dari segi perlengkapan saja, peralatan yang dibutuhkan harganya bisa berlipat-lipat dibanding dengan pemotretan di alam bebas.
"Untuk pertama kali memotret di bawah air, saya sarankan menggunakan peralatan yang sederhana dulu. Sebab bagi mereka yang sekalipun profesional belum tentu akan mendapatkan hasil bidikan yang bagus," katanya.
Meski demikian, dia berharap fotografer-fotografer di daerah mau mencoba pengalaman yang baru ini. Jangan takut, meski memang fotografi bawah air itu mahal. Tapi dengan yang unik ini, fotografer akan menjadi beda dan banyak dicari.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls